SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PIP MAKASSAR

Pustak pelaut – Sahabat pustaka sailors, Pada kesempatan ini kami akan share artikel tentang SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PIP MAKASSAR.

Tahun 1921, dimana nama Indonesia mungkin belum ada, menjadi tonggak awal berkiprahnya Sekolah Pelayaran Dasar (SPD) yang terletak di jalan Seram No. 173 kota Makassar dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepelautan, hingga sekarang yang telah menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, terus mencetak pelaut-pelaut ulung dan siap mengarungi 7 samudra, hingga kini telah lebih dari 6.000 orang alumni tersebar di seluruh penjuru dunia.

Sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia serta kemajuan dan pertumbuhan ekonomi maupun kebutuhan sektor transportasi maka telah berubah beberapa kali, dari Sekolah Pelayaran Dasar (SPD), Sekolah Pelayaran Menengah (SPM), Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Ujung Pandang, hingga tahun 1999 berganti nama dan sistem pendidikan, mulai dari sekolah dengan nama Opleiding Scheepvaart School Celebes yang kala itu masih dipimpin oleh seorang berkebangsaan Belanda. Pembaharuan demi pembaharuan telah dilaksanakan, implementasi konvensi IMO STCW 1978 amandemen 1995, konvensi Solas 1974 beserta perubahan-perubahan sesuai konvensi lainnya di bidang pelayaran dan antisipasi pemberlakuan standar keamanan internasional (ISPS Code) serta penerapan Quality Standard System (standar kualitas pendidikan kepelautan) menjadi perhatian serius PIP Makassar.

 

 

 

 

 

 

 

Demikian artikel singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi para sailors sekalian.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>